Minggu, 09 Oktober 2011

NASA Pikat Anak-Anak Lewat Buku

Demi menumbuhkan minat anak-anak pada bidang teknik, matematika, teknologi dan ilmu pengetahuan, badan antariksa Amerika Serikat, NASA bekerjasama dengan penerbit membuat buku-buku bertema fiksi ilmiah. Jajaran buku yang dinamai "NASA Inspired Works of Fiction", akan diterbitkan bersama penerbit Tor-Forge Books. Penulisan buku akan dilakukan secara bersama-sama oleh antariksawan NASA dan penulis yang ditunjuk penerbit.

"Kesepakatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat, demikian halnya bagi kami karena ini adalah cara yang inovatif untuk mengkomunikasikan pencapaian-pencapaian baik di masa lalu maupun masa kini, dan tetap bisa berkonsentrasi pada kebutuhan masa depan," kata Nona Cheeks, direktur bidang Kemitraan Inovatif di Goddard Space Flight Center milik NASA.

Penerbitan buku seperti ini dipilih karena berdasarkan pengalaman, banyak orang yang memilih karir sebagai ilmuwan lantaran terinspirasi buku bacaan, khusunya novel fiksi ilmiah. Selain NASA, perusahaan semikonduktor Intel juga melakukan langkah serupa. Intel menggandeng sejumlah penulis untuk membuat sejumlah cerita pendek tentang akan seperti apa masa depan nantinya. Hasilnya bisa diunduh secara gratis di situs Intel.

Selain untuk menginspirasi anak-anak, tulisan-tulisan seperti ini juga diharapkan akan menginspirasi Hollywood untuk membuat film sejenis.

Oleh Ni Ketut Susrin/nationalgeographic.co.id

NASA Pikat Anak-Anak Lewat Buku

Tidak ada komentar:

Setetes Makna

Tanpa keberanian, engkau hanyalah ternak...

-- Pramoedya Ananta Toer