Minggu, 09 Oktober 2011

Info Buku: Fiqh Perdagangan Bebas


Penulis: KH Alie Yafie
Pengerbit: Hikmah Populer (Mizan Group)

"Tujuan penulisn buku ini adalah untuk memberikan informasi kepada rakyat Indonesia (umat Islam) agar memahami masalah perdagangan bebas, demi melindungi kepentingan nasional."
Prof. KH. Ali Yafie,
Rektor Institut Al-Quran Jakarta


Buku ini merupakan buah "ijtihad", prakarsa sekelompok intelektual dengan latar belakang keilmuan yang berbeda-beda, namun dengan penuh tanggung jawab untuk saling membuka diri dan rela duduk bersama, demi merumuskan suatu "Fiqih Perdagangan Bebas". Dibahas di dalamnya, sejumlah tantangan dan agenda perekonomian nasional dengan berusaha memahami secara jernih melalui perspektif khazanah ekonomi Islam, tantangan pasar bebas, dan prospek perekonomian umat dewasa ini. Ikhtiar ini jelas mencerminkan langkah awal yang berani lagi signifikan, dalam rangka membenahi kondisi sosial-ekonomi bangsa dari sudut akademis, sekaligus memberi orientasi bagi pelaku u saha dalam di era AFTA (2003) hingga pasar bebas yang sesungguhnya di tahun 2020.

"Buku ini merupakan panduan yang dapat menuntun sekaligus obot bagi umat dalam melangkah dan menjawab tantangan globalisasi..."


Drs Nurdin Hasibuan,
Presiden Direktur Bank Syariah Mandiri


"Umat kita perlu disiapkan untuk menghadapi era pasar bebas. Kesiapan tersebut harus dibangun secara bersama-sama, sehingga melahirkan kesadaran kolektif akan adanya tantangan yang harus ditanggulangi bersama."
Prof. Dr. Said Agil Husin Al-Munawwar,
Menteri Agama RI
Perdagangan bebas tidak bisa dihindari. Pemahaman yang keliru akan membuat pelaku ekonomi kita tidak sanggup bermain di tingkat global, sebaliknya justru dipermainkan."
Dr. Achmad Mubarok,
Penasehat International Institute of Islamic Thought Indonesia

Tidak ada komentar:

Setetes Makna

Tanpa keberanian, engkau hanyalah ternak...

-- Pramoedya Ananta Toer