Kamis, 13 Oktober 2011

Buku: Nasionalisme Palestina di Lapangan Hijau

Nasionalisme Palestina di Lapangan Hijau: Sejarah Ringkas Sepak Bola Arab Palestina di Wilayah Kekuasaan Israel


Pengarang : Tamir Sorek
Penerbit : Kepik Ungu
Tahun : I, Maret 2010
Tebal : 110 halaman
Harga : Rp25.000,-

Buku Nasionalisme Palestina di Lapangan Hijau merupakan paparan sejarah tentang sepak bola warga Arab yang tinggal di wilayah Israel, sekaligus upaya memperlihatkan rekayasa politik penguasa yang tersembunyi di balik lapangan hijau. Selepas Perang Arab-Israel yang berlangsung pada tahun 1948, struktur sosial masyarakat Arab-Palestina porak-poranda. Kota-kota yang merupakan pusat administrasi perekonomian dan politik diambil alih oleh kelompok Yahudi.

Sepak bola, yang awalnya dimanfaatkan oleh para elite Arab untuk membangun nasionalisme Palestina, dikooptasi oleh para elite Yahudi untuk menunjang berbagai kepentingannya di daerah yang baru didudukinya ini. Beberapa dekade kemudian, pemain Arab tergabung dan bermain untuk tim-tim Yahudi menjadi suatu pemandangan yang wajar. Begitu juga sebaliknya. Kita pun jarang menemukan huru-hara antara pendukung sepak bola dari kalangan Arab dan pendukung dari kalangan Yahudi— seakan dua bangsa ini tak memiliki sejarah peperangan ataupun pertikaian.

Kemudian, dipaparkan, bagaimana tim sepak bola nasional Palestina yang begitu dielu-elukan di Jalur Gaza dan Tepi Barat mendapati bangku penonton yang kosong ketika berlaga di tengah-tengah permukiman warga Palestina yang menetap di wilayah Israel. Lalu bagaimana cucu seorang korban pembantaian tentara Israel menjadi pahlawan tim sepak bola nasional Israel.

Nasionalisme Palestina di Lapangan Hijau memaparkan dengan gaya tutur ironis bagaimana kekuasaan bekerja. Kedamaian di atas lapangan hijau bermakna tali kendali kekuasaan Israel telah merasuk ke semua lini terkecil kehidupan warganya, mengatur hingga ke cara warganya mengulum senyum dan bersorak-sorai.

* tersedia di toko-toko buku terdekat (Gramedia, Gunung Agung, Toko Buku Utama, Tiga Serangkai, atau untuk pemesanan langsung [ada diskon khusus] silahkan hubungi ke inbox kami).

Lihat dan hubungi: Penerbit Kepik Ungu (Geger Riyanto)

1 komentar:

judi bola mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat bro. thanks yo

Setetes Makna

Tanpa keberanian, engkau hanyalah ternak...

-- Pramoedya Ananta Toer